Health, Tips

Tips Berolahraga untuk Pekerja Kantoran

Olahraga adalah suatu kegiatan secara fisik maupun psikis untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten akan membawa dampak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga baik yang ringan maupun berat sebaiknya dilakukan setiap hari dengan durasi waktu tertentu. Untuk memperoleh kebugaran tubuh.

Namun bagi sebagian pekerja kantor, mengatur waktu untuk olahraga menjadi hal yang sulit. Pekerja kantoran biasanya memulai pekerjaan pada pagi hari hingga sore hari. Pada pagi hari tentu waktunya terbatas. Sedangkan saat pulang kantor tentu badan juga sudah capek setelah aktivitas di kantor.

Kemudian bagaimana caranya supaya pekerja kantoran bisa tetap bekerja di tengah padatnya jadwal kerja, menumpuknya pekerjaan dan dengan waktu yang terbatas. Kuncinya adalah kecermatan mengatur waktu dan komitmen untuk menjalaninya. Sebenarnya waktu terbaik untuk berolahraga itu tergantung seberapa besar energi dan motivasi yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan, sehingga alasan tak ada waktu karena sibuk bekerja masih bisa dikesampingkan.

Olahraga Pagi

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kebugaran saat bekerja adalah dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari sebelum berangkat kerja. Dengan terbatasnya waktu karena harus bersiap untuk bekerja, kamu bisa mengakalinya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging di sekitar rumah kamu. Selain itu kamu bisa juga bersepeda selama kurang lebih 20-30 menit. Biasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, karena usai bangun tidur biasanya otot masih terasa kaku, sehingga kalau dipaksakan bisa mengakibatkan cedera. Olahraga di pagi hari juga bisa membuat nafsu makan berkurang, sehingga olahraga pagi bisa dijadikan sarana untuk kamu yang menjalani diet.

Olahraga Siang di Kantor

Waktu istirahat kantoran biasanya hanya berlangsung selama satu jam yaitu antara jam 12 hingga jam satu siang. Jika kantor kamu ada tempat olahraga seperti fitness centre, manfaatkan untuk dipakai olahraga sembari menunggu jam istirahat selesai. Usahakan untuk tidak melakukan olahraga berat karena energi yang dibutuhkan untuk bekerja bisa tersedot banyak saat melakukan olahraga.

Olahraga Sepulang Kerja

Malam adalah waktu yang paling banyak digunakan oleh para pekerja kantoran untuk berolahraga. Setelah lelah seharian bekerja, olahraga menjadi alat untuk mendapatkan ketenangan dan kesenangan. Namun yang mesti diwaspadai adalah adanya kemungkinan kamu susah tidur jika berolahraga terlalu berat di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *