Kesehatan, Tips

5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dijumpai. Umumnya hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Orang yang sudah terkena hipertensi harus mengontrol tekanan darahnya. Sebab, hipertensi yang tidak terkontrol bisa memudahkan timbulnya komplikasi penyakit seperti stroke hingga jantung.

Seperti dikutip dari Time.com, berikut ini beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Olahraga

Olahraga teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Menurut Mayo Clinic, berolahraga sekitar 30 menit per hari dalam seminggu terbukti dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4-9 mmHg

Tarik Napas Dalam-Dalam

Latihan pernapasan, seperti memperlambat napas dan menarik napas dalam-dalam bisa membuat Anda lebih rileks ketika sedang stres atau banyak pikiran. Cara ini pun membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, latihan pernapasan baik untuk memperlancar aliran darah.

Rileksasi

Kondisi stres bisa berdampak buruk bagi tekanan darah dan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, saat marah atau stres dapat melepaskan hormon-hormon yang membuat jantung berdetak lebih cepat, mempersempit pembuluh darah, dan menigkatkan tekanan darah. Nah, saat stres melanda, cobalah untuk rileksasi, seperti melakukan yoga atau meditasi agar lebih santai.

Kurangi Kopi dan Alkohol

Konsumsi minuman keras yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu masalah kesehatan lainnya. Selain itu, pada beberapa orang yang sangat sensitif, kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Minum kopi dan alkohol sebaiknya dikurangi ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Sementara itu, minum teh dinilai tak menimbulkan masalah bagi tekanan darah karena beberapa penelitian menunjukkan, menyeruput secangkir teh membantu pembuluh darah lebih rileks.

Makan Blueberry dan Yoghurt

Cara alami lainnya untuk membantu menurunkan tekanan darah adalah dengan konsumsi blueberry maupun yoghurt. Sebuah penelitian di Florida State University tahun 2015 menemukan, makan blueberry sehari bisa mengurangi tekanan darah dan membuat pembuluh darah tidak kaku. Sementara itu, probiotik yang berlimpah dalam yoghurt juga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Dalam penelitian tahun 2014, probiotik tak hanya menyehatkan pencernaan, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *